LOMBA MASAK MAKANAN SEHAT DISAMBUT ANTUSIASME PESERTA DAN WARGA

LOMBA MASAK MAKANAN SEHAT DISAMBUT ANTUSIASME PESERTA DAN WARGA

Timbang Lawan – Acara lomba masak makanan sehat yang diselenggarakan oleh PPLH Bohorok pada rabu (24/04/2024) berlangsung meriah.

Adapun perlombaan yang diikuti oleh puluhan ibu rumahtangga ini menyajikan olahan makanan dari sayuran organik yang dipetik langsung dari kebun organik PPLH Bohorok dan sayuran dari halaman rumah peserta dengan bertemakan masakan Nusantara.

Acara yang diadakan di aula PPLH ini mendatangkan tiga juri yang berlatar belakang sebagai Chef, yaitu Chef Iqbal Syahputra Harianja (Chef Ecolodge Kapal Bambu), Chef Rifi Azhari (Chef Cordela Hotel Medan) dan Chef Mukti Letto (Grand City Hall ) dan Bima Satria seorang juri dari perwakilan Duta Konservasi 2024. Salah satu juri, yaitu Chef Mukti Letto berpendapat bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif untuk tetap melestarikan masakan tradisional yang sudah mulai tergeser oleh berbagai variasi makanan modern yang semakin berkembang. Beliau sempat takjub ketika mendapati beberapa peserta menyajikan makanan tradisional yang sangat jarang didapati seperti olahan umbut pisang.

Selain acara utama, acara ini juga bertujuan untuk merekrut para ibu-ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan atau halaman rumah menjadi perkebunan organik. Dengan adanya program ini diharapkan setiap keluarga agar bisa menghasilkan bahan makanan sehat dari rumah sendiri.

Kategori penilaian peserta diambil berdasarkan rasa, plating, teknik dan kebersihan. Selain itu, peserta juga tidak diperbolehkan untuk menambahkan bumbu penyedap kimia seperti MSG.

Pada akhirnya acara ini dimenangkan oleh tim Tiga Nangin yang mampu memenangkan hati juri dengan salah satu menu andalannya,gulai daun ubi jantung pisang disertai dengan cina sere ikan teri. Disusul oleh tim Masak Kuy pada urutan kedua. Sedangkan diurutan ketiga dan keempat ditempati oleh Tiga Muda dan Marvel. Mereka masing-masing menampilkan menu beragam seperti arsik ikan mas, pecel ulek, getuk pisang, nasi liwet dan gulai umbud pisang.

Share: